Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

FAQ (General/Umum)


1. Apa itu peer-to-peer lending (P2PL) marketplace?

Peer-to-peer lending (P2PL) mempertemukan orang yang ingin mendanai dan orang yang ingin mengajukan pinjaman melalui online marketplace. Platform P2PL, seperti AdaModal, memfasilitasi proses tersebut. Pada prosesnya, P2PL menyediakan pinjaman berbunga kompetitif kepada Borrower dan return terbaik bagi Lender dengan mengoperasikan beban biaya yang lebih rendah daripada bank atau lembaga keuangan lainnya.

2. Apakah AdaModal merupakan bank atau perusahaan finansial lainnya?

Bukan, AdaModal bukanlah bank atau perusahaan finansial lainnya. Kami berbeda dalam beberapa hal. AdaModal adalah sebuah marketplace finansial, menyediakan layanan perantara untuk proses P2PL. Tidak seperti layanan perantara konvensional, AdaModal tidak berpartisipasi dalam aktivitas pinjam meminjam. Kami hanya menyediakan platform untuk memfasilitasi prosesnya, mengadministrasi akun Borrower dan Lender.

3. Siapa yang menjalankan AdaModal?

AdaModal dijalankan oleh sebuah tim yang terdiri dari para praktisi berpengalaman di bidang keuangan dan teknologi. Cari tahu lebih lanjut tentang tim kami dan cerita AdaModal di sini.

4. Bagaimana cara untuk mengetahui bahwa informasi pribadi saya aman dengan AdaModal?

Informasi pribadi Anda akan kami simpan secara aman, dilindungi oleh fitur keamanan online terbaik sesuai dengan yang ada di Privacy Policy kami. AdaModal memiliki sistem proteksi fisik, elektronik, dan manajerial yang baik untuk menghindari akses yang tidak sah atau penggunaan yang tidak sesuai terhadap informasi pelanggan. AdaModal tidak akan memberikan informasi pelanggan kepada pihak ketiga tanpa izin, dan tidak akan menghubungi Anda untuk menanyakan data pribadi selain untuk kelengkapan verifikasi.

5. Bagaimana cara untuk memverifikasi alamat e-mail saya?

Anda akan menerima e-mail dari kami berisi sebuah link untuk memverifikasi alamat e-mail Anda. Jika Anda tidak menerima e-mail tersebut, silakan mengecek laman Spam. Anda dapat meminta agar e-mail verifikasi dikirimkan kembali melalui pengaturan akun Anda.

6. Bagaimana cara untuk mengganti password saya?

Anda dapat mengganti kata sandi dengan masuk ke dalam akun AdaModal dan laman Dashboard, klik Edit Profile. Akses bagian User Account, ubah kata sandi sesuai yang Anda inginkan.

7. Bagaimana cara untuk mengganti rincian kontak saya?

Anda dapat mengganti kata sandi dengan masuk ke dalam akun AdaModal dan laman Dashboard, klik Edit Profile. Akses bagian Contact Details, ubah sesuai yang Anda inginkan.

FAQ (Lender/Pemberi Pinjaman)


1. Siapa yang dapat mendanai di AdaModal?

Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA) berusia minimal 17 tahun. Bagi WNI, keabsahan identitas diri akan dibuktikan melalui dokumen KTP dan NPWP. Sedangkan bagi WNA melalui paspor dan rekening bank di Indonesia.

2. Berapa nilai minimal dan maksimal yang ditetapkan untuk mendanai di AdaModal?

Setoran minimal di AdaModal cukup rendah yaitu Rp 5.000.000 dengan kelipatan Rp 5.000.000. Itu artinya, siapa saja dapat mendanai di sini. Sedangkan nominal mendanai maksimal adalah Rp 50.000.000 untuk pinjaman dengan nilai di bawah Rp 500.000.000 pada setiap pinjaman yang didanai.

3. Mengapa diberlakukan pembatasan terhadap nilai pendanaan?

AdaModal memberlakukan pembatasan nilai pendanaan untuk mendorong Lender agar membuat portofolio mendanai yang terdiservifikasi. Dengan menyebar investasi ke beberapa pinjaman, Anda berkesempatan mengurangi risiko kerugian apabila Borrower mengalami kegagalan pembayaran atau wanprestasi.

4. Apa saja biaya yang diperlukan untuk mendanai di AdaModal?

Untuk saat ini, AdaModal tidak memungut biaya apapun dari Lender.

5. Kapan saya bisa mendapatkan keuntungan saya?

Pada akhir periode mendanai, Anda akan menerima repayment berisi pokok pinjaman (prinsipal) dan bunga pada akun Anda.

6. Apakah aman mendanai melalui AdaModal?

Ya. Pertama, AdaModal menjunjung tinggi nilai transparansi dengan mencantumkan informasi seputar Borrower serta syarat dan ketentuan pinjaman di marketplace. Kedua, AdaModal akan melakukan analisis, seleksi, dan persetujuan terhadap seluruh Calon Borrower beserta pinjaman yang diajukan dengan menggunakan sistem credit-scoring modern, sehingga hanya pinjaman berkualitas tinggi yang akan ditawarkan kepada Lender. Ketiga, untuk produk invoice financing, AdaModal hanya akan menerima invoice dari perusahaan/institusi/lembaga yang kredibel. Keempat, seluruh lalu lintas pendanaan akan dikelola oleh AdaModal bekerjasama dengan bank rekanan.

7. Apakah Lender dapat mengetahui informasi tentang Borrower?

AdaModal berkomitmen menjaga kerahasiaan identitas dan data pribadi Borrower, sehingga hanya informasi demografis dan finansial yang akan kami beritahukan kepada Lender. Informasi tersebut dapat digunakan untuk menganalisis tingkat risiko pendanaan dari pinjaman yang ditawarkan.

8. Apa saja risiko mendanai di AdaModal?

Selagi AdaModal mengambil langkah pengukuran untuk mengurangi risiko selama proses aplikasi dan persetujuan pinjaman, skenario terburuk tetap mungkin terjadi dan perlu dipertimbangkan. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan penasihat keuangan sebelum mengambil keputusan. Risiko terbesar yang mungkin terjadi dalam peer-to-peer lending adalah Lender tidak menerima dana prinsipal dan bunga bulanan dikarenakan kegagalan pembayaran.

9. Apa yang terjadi jika Borrower mengalami kegagalan pembayaran?

Untuk meminimalisasi risiko wanprestasi, AdaModal—seperti yang telah dijelaskan sebelumnya—akan melakukan analisis, seleksi, dan persetujuan berdasarkan sistem credit-scoring yang modern terhadap setiap pinjaman yang diajukan. Setelah dana Lender dicairkan kepada Borrower, AdaModal juga akan melakukan pengawasan untuk memastikan bahwa tidak ada penyalahgunaan terhadap dana yang diberikan, repayment pun dapat dilaksanakan tepat waktu. Jika Borrower mengalami kegagalan pembayaran, AdaModal akan segera mengambil tindakan untuk melindungi kepentingan Lender melalui pencairan jaminan.

10. Selain menjadi Lender, apakah saya juga bisa menjadi Borrower?

Ya, bisa.

11. Apakah pendapatan bunga yang diperoleh dari pendanaan pinjaman di AdaModal bebas pajak?

Bunga yang diperoleh Lender dari pendanaan pada produk Pinjaman Bisnis berbasis invoice financing dengan Borrower berbadan Perusahaan Terbatas (PT) akan dikenakan Pajak Penghasilan Pasal 23. Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 23 adalah pajak yang dipotong oleh pemungut pajak dari Wajib Pajak atas penghasilan yang diperoleh dari modal (dividen, bunga, royalti, dll.) penyerahan jasa, atau penyelenggaraan kegiatan selain yang dipotong dalam PPh Pasal 21. Sementara bagi Lender yang berpartisipasi pada Pembiayaan Karyawan, tidak akan ada pajak yang dibebankan atas bunga yang diperoleh.

12. Apakah saya akan mendapatkan Bukti Penerimaan Negara/Bukti Potong Pajak?

Ya, Anda akan mendapatkan Bukti Penerimaan Negara dari Borrower yang Anda danai. AdaModal akan memfasilitasi akses soft copy dari Bukti Penerimaan Negara yang diberikan oleh Borrower.

13. Siapa yang akan membayarkan pajak saya?

Sesuai dengan peraturan PPh Pasal 23, pemotong PPh Pasal 23 adalah Subjek Pajak Badan dalam Negeri—dalam hal ini Borrower yang berstatus sebagai Perusahaan Terbatas. Sehingga, pihak yang berkewajiban membayar atau memotong pajak atas bunga pendanaan Anda adalah Borrower.

14. Apakah pajak yang telah dipotongkan bersifat final?

Tidak.

FAQ (Borrower/Peminjam)


1. Bagaimana cara mengajukan pinjaman melalui AdaModal?

Sangat mudah untuk mengajukan pinjaman melalui AdaModal. Kami akan meminta Anda untuk memberikan beberapa rincian pribadi, termasuk invoice dan dokumen legalitas perusahaan yang masih berlaku. Kemudian, aplikasi pinjaman akan dianalisis dan diseleksi melalui sistem credit-scoring. Setelah aplikasi tersebut disetujui, pinjaman Anda akan ditampilkan di marketplace AdaModal.

2. Mengapa mengajukan pinjaman melalui AdaModal?

Dibandingkan lembaga keuangan konvensional, proses pengajuan pinjaman di AdaModal lebih fleksibel. Borrower memiliki kontrol penuh terhadap biaya pendanaan, tanpa paperwork, dan melibatkan keputusan yang lebih cepat. AdaModal juga menetapkan suku bunga yang bersaing terhadap setiap pinjaman.

3. Bagaimana jika Payor saya tidak membayar invoice?

Jika Anda berhasil didanai melalui marketplace AdaModal namun Payor Anda tidak membayar invoice, maka secara kontraktual Anda memiliki kewajiban untuk melakukan repayment sesuai nominal pinjaman beserta bunganya kepada Lender.

4. Berapa bunga yang harus dibayarkan untuk setiap pinjaman?

Tingkat bunga akan bergantung pada profil setiap pinjaman; ditetapkan berdasarkan proses analisis kredit oleh AdaModal.

5. Bagaimana dengan nominal dan jangka waktu pinjaman?

AdaModal akan memfasilitasi pinjaman maksimal 80% dari nilai invoice atau maksimal Rp 800.000.000 untuk setiap invoice. Jangka waktu pinjaman akan disesuaikan dengan jatuh tempo invoice disertai dengan pertimbangan AdaModal.

6. Kapan saya bisa memperoleh dan menggunakan dana pinjaman saya?

Proses analisis, seleksi, dan persetujuan oleh AdaModal akan memakan waktu maksimal 3 hari kerja setelah seluruh persyaratan dokumen dilengkapi, dilanjutkan dengan 14 hari masa penawaran. Jika sebelum 14 hari dana sudah terkumpul 100%, maka dana bisa segera dicairkan dan ditransfer ke akun Anda.

7. Apakah pinjaman yang ditawarkan di marketplace sudah pasti akan dibiayai?

AdaModal tidak memberikan garansi bahwa seluruh pinjaman yang ditawarkan di marketplace akan dibiayai 100%. Jika selama masa penawaran jumlah pendanaan masih di bawah 60%, Borrower diperbolehkan untuk membatalkan atau memperpanjang periode pengajuan pinjaman.

8. Apa saja biaya yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman di AdaModal?

Biaya yang dikenakan adalah biaya bunga, biaya administrasi, dan biaya pengikatan jaminan. Semua biaya akan diinformasikan kepada Borrower sehingga tidak ada yang disembunyikan.

9. Apakah saya harus memberikan jaminan agar bisa memperoleh pinjaman?

Ya. Selain menggunakan invoice sebagai jaminan, kami akan meminta Anda untuk memberikan giro mundur dan jaminan pribadi (personal guarantee) sebagai jaminan tambahan. Untuk mengetahui bagaimana kami bisa membantu Anda, silakan mengirimkan pesan melalui Contact Us.